Selasa, 22 Januari 2013

Rahasia Dan Manfaat Air Kelapa Muda


Meski air kelapa kadang hanya dianggap sebagai “limbah” buah kelapa dan hanya dikenal sebagai air pelepas dahaga. Namun siapa menduga dibalik air dari buah nyiur ini tersimpan khasiat serta nutrisi luar biasa. Secara alamiah air kelapa terutama air kelapa muda mempunyai komposisi mineral dan gula yang sempurna sehingga memiliki keseimbangan elektrolit yang nyaris sempurna setara dengan cairan tubuh manusia.

RAHASIA DALAM AIR KELAPA MUDA
Air kelapa muda mengandung unsur nitrogen yang didalamnya berupa protein yang tersusun dari asam animo,seperti analin dan serin. Dibandingkan asam animo yang terdapat di susu sapi, asam animo yang terkandung dalam air kelapa ternyata lebih tinggi. Sementara unsur karbon dapat dijumpai dalam bentuk karbohidrat sederhana seperti glokosa, sokrosa, froktosa, sorbitol, inositol dan lain lainnya. Begitu pula dengan unsur mikro dalam air kelapa muda berupa mineral yang dibutuhkan sebagai pengganti ion tubuh. Itu mengapa setelah minum air kelapa muda tubuh kita akan terasa segar kembali.
Air kelapa muda juga mengandung vitamin C yang dominan, asam nikonat, asam folat, asam pantotenat, bioten serta boflavin. Tak heran jika air kelapa terkadang juga di mamfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional dan kecantikan.

MANFAAT AIR KELAPA

1. Penetral racun
Air kelapa muda berkhasiat sebagai obat berbagai jenis penyakit terutama untuk menetralkan racun dalam tubuh.

2. Mengurangi rasa panas akibar terbakar.
Caranya, campur satu sendok teh bubuk kunyit dengan air kapur sirih kemudian tambahkan air kelapa lalu oleskan pada bagian tubuh yang terluka bakar atau terkena minyak dan air panas. Rasa panas akibat terbakar pun akan segera hilang dan tidak meninggalkan bekas melepuh.

3. Menyembuhkan sakit disentri.
Jika air kelapa terutama kelapa hijau diminum secara teratur pagi dan sore hari maka penderita disentri akan cepat pulih.

4. Menyembuhkan demam berdarah.
Caranya minumlah larutan campuran air kelapa muda hijau dengan air perasaan jeruk nipis secara teratur sehari tiga kali. Akan lebih baik jika ditambahkan sedikit garam dan madu.
Itulah mamfaat dan khasiat air kelapa muda, semoga berguna bagi kita semua.

penulis sudah merasakan manfaat yang pertama atas ijin Alloh, artikel selingan saja semoga bermanfaat :D

sumber: http://kesehatan.kompasiana.com/alternatif/2011/12/04/rahasia-dan-mamfaat-air-kelapa-muda-418616.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar